Minggu, 01 Februari 2009

. Minggu, 01 Februari 2009

Robot, Siap Menjadi Sepopuler Telepon Genggam

Sejak beberapa tahun lalu kita sudah merasakan kemudahan komunikasi dan kecepatan teknologi, seperti populernya telepon genggam, mobil, computer dan lain-lain. Keberadaan alat-alat tersebut sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia, dan sudah menjadi bagian dari hidup sehari-hari. Bagaimana dengan robot? Apakah di masa depan keberadaan robot juga akan menjadi hal yang 'biasa' ditengah kehidupan manusia?
Perusahaan Honda semenjak beberapa tahun yang lalu sudah mengembangkan Asimo, robot 'humanoid' atau robot yang didesain mirip dengan tubuh manusia. Asimo diperkenalkan sebagai robot yang berfungsi untuk menolong manusia dalam kehidupan sehari-hari, seperti menyiapkan minuman untuk tamu, mengambilkan kunci mobil yang tertinggal, atau bahkan sebagai asisten atau teman bermain keluarga. Asimo diklaim mampu menaiki tangga, menendang sepak bola, serta melakukan robot dance dengan gerakan telah diprogram sebelumnya.
Jika 'Asimo' diciptakan dengan bentuk manusia, ada pula robot-robot lain yang diciptakan dengan ukuran mini dan lebih bersifat entertainment atau menghibur. Robot-robot ini mampu melakukan gerakan yang lucu, menarik dan menggemaskan, sehingga populer dikalangan anak-anak.
Salah satu pencipta robot, Tomotaka Takahashi, berbagi cerita mengenai pengalamannya dalam mendesain robot. Takahashi adalah perakit robot profesional yang telah mempunyai segudang prestasi, salah satunya adalah dengan menciptakan karakter robot 'Evolta'. Evolta sebetulnya adalah nama merek baterai keluaran perusahaan Panasonic, yang telah meraih Guinness Book of Record sebagai baterai yang paling tahan lama. Takahashi bekerjasama dengan Panasonic, menciptakan karakter 'Evolta', robot mini yang mampu memanjat tali sepanjang 530 meter hanya dengan kekuatan 2 baterai AA Evolta. Uniknya, tali sepanjang 530 meter ini direntang di area Grand Canyon di Amerika, salah satu keunikan dalam rangka memecahkan rekor dunia. Evolta berhasil memanjat tali tersebut dalam total waktu 6 jam 39 menit, dan video rekaman ini telah menjadi iklan baterai Evolta, dan disiarkan di televisi sehingga wajah si mungil 'Evolta' semakin terkenal.
Tak berhenti sampai disini, Takahashi juga menciptakan robot perempuan, yang keberadaannya masih amat jarang. Robot perempuan mini ini dipamerkan dalam pameran 'Robo Japan 2008' dan mendapatkan sambutan positif dari para penonton karena gerakannya yang gemulai dan feminin.
"Saya pikir, sekarang ini tidak begitu banyak tipe robot perempuan, karena adanya masalah teknik. Pertama, sulit untuk memasukkan mesin dan baterai kedalam robot wanita. Saya harus menggunakan mesin yang lebih kecil sehingga hal tersebut mempersulit dalam hal mendesain. Kemudian, kebanyakan peneliti dan pencipta robot adalah lelaki, jadi kami tidak tahu bagaimana caranya menciptakan robot perempuan. [Mendesain] tidaklah sama dengan hanya sekedar memakaikan baju, atau memberikan rambut yang panjang, melainkan harus dari bentuknya, misalnya bentuk siku, dll. Kesulitan yang ketiga adalah robot perempuan tidak bisa stabil, karena mereka harus dibuat kurus. Jadi, seluruhnya ada 3 masalah, dan saya telah memecahkan masalah tersebut sehingga terciptalah robot perempuan ini." jelasnya panjang lebar.
Kepopuleran robot tidaklah terlepas dari kemajuan teknologi. Namun, ketika tekonogi semakin tak terkendali, manusia dapat dikalahkan oleh 'ilmu pengetahuan' dan melupakan jati dirinya sendiri. Dalam menciptakan robot maupun memajukan teknologi, manusia boleh menggunakan otak dan memaksimalkan daya gunanya, tetapi manusia tetap harus tetap menjadi tuan dan jangan sampai 'diperbudak' oleh teknologi. Tahukah anda bahwa robot yang secanggih apapun tetap tidak dapat menandingi otak manusia? Manusia yang dapat berpikir jernih dan mengendalikan teknologi serta tidak tergantung kepadanya adalah manusia yang bertanggung jawab. Jadi, walaupun robot telah siap menjadi sepopuler telepon genggam, ingatlah bahwa anda sebagai manusia-lah yang menciptakan Telepon Genggam, sebagaimana andalah yang menciptakan Robot!

0 omelan:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

silahkan meninggalkan komentar anda

 
My blog is proudly powered by Kanjeng Raden Mas Gaara | Template by Danilla Gaara